The child is grown?

Aku sering bertanya-tanya tujuan hidup itu ada atau enggak. Kalau lihat postingan blog ini sih sebagian besar ngomongin itu. Muter-muter doang, nggak ada habisnya. Terus post yang ini juga, kayaknya bakal ngomongin itu deh.

Padahal dulu waktu kecil aku orangnya optimis, punya banyak mimpi yang ingin dikejar. Waktu sudah besar cuman sibuk ngejalani hidup aja, tanpa punya target jangka panjang. Rasanya mau buat, tapi nggak tau mau bikin target apa. Terus lama-lama jadi nggak butuh.

The child is grown, the dream is gone.
― Pink Floyd - Comfortably Numb

Tiba-tiba hari ini aku kepikiran untuk membuat daftar target jangka panjang. Kemudian aku bener-bener baru sadar ternyata aku punya, beberapa. Kalau aku ingat-ingat, mereka ini gak muncul tiba-tiba aja dalam hidupku. Ada rantai sebab akibatnya yang kemudian menjadi sekumpulan kesempatan yang aku terima untuk ku selesaikan. Rata-rata mulai aku pilih dan jalankan di umur 27. Mungkin karena sudah merasa nggak butuh, jadi aku nggak sadar kalau mereka ada mewarnai hidupku. Tujuan hidup dalam sebuah gambar besar memang masih belum ditemukan, tapi untuk bagian kecilnya ada.